Stall Talk
Resep UMKM
28 Oct 2021

Sepiring Nasi Hangat dari Gianyar & Denpasar

Kumpulan hidangan dari UMKM asal Gianyar & Denpasar untuk melengkapi piring kami.

Text
Andrea Hasan
Photo
Andrea Hasan
Topics
Ayam Sisit
Denpasar
Gianyar
Nasi Gonde Minik
Nasi Putih
Sambal Embe
Sate Ayam
Sepiring Nasi Hangat
UMKM
Urap
Warung Pojok
Warung RR
Share Article

Bahan-bahan

  1. Ayam sisit, Nasi Gonde Ninik Tebo
  2. Sate ayam, Warung Pojok, Trenggana
  3. Urap, Warung RR
  4. Sambal embe, Warung RR
  5. Nasi Putih

Cara membuat

  1. Bagi #FriendsOfSuzy yang tinggal di daerah Batubulan atau sedang berada di sekitar sana, bisa buka & cari Nasi Gonde Ninik Tebo di aplikasi online delivery services yang tersedia. Dengar-dengar tipe makanan yang mereka jual, nasi gonda, adalah salah satu makanan khas Bali tempo doeloe, mungkin sebelum maraknya babi guling, ada yang tahu?
  2. Nah kalau warung ini menjual nasi ayam hingga nasi campur. Yang dimaksud nasi campur di sini adalah isinya yang termasuk paru, udang goreng, ayam sisir, dan lain sebagainya. Menurutku salah satu yang paling menarik adalah sate ayamnya. Sate ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah yang gak kalah banding dengan makanan lainnya dan tekstur ayam yang sangat empuk. Jangan salah ya, sate ayam ini bukan sate ayam bumbu kacang, sate nya tidak menggunakan bumbu basah.
  3. Warung RR ini seperti warung-warung nasi ramesan khas Bali lainnya. Berlokasi di Jalan Mas, Ubud, warung ini dilengkapi dengan sistem ‘touch screen’ – tinggal tunjuk dari depan kaca saja untuk memilih lauknya. Seperti orang Indonesia pada umumnya, pasti kalau makan harus disisihkan sebagian piring untuk sambal. Dari warung ini, yang paling membuat pangling adalah sambal embenya yang cukup asin dan pedas, kalau tidak kuat pedas bisa cocol saja ke minyak-minyak sambal tersebut. Selain sambal yang selalu bikin keringetan, urapnya pun menjadi salah satu lauk yang harus ada di piring. Kalau tidak ada keduanya, rasanya belum lengkap!
  4. Nasi putih yang selalu menjadi bintang utama dalam setiap rumah sangat direkomendasikan untuk disantap selagi hangat. Karena salah satu hal yang paling memuaskan adalah makan nasi hangat, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *