Behind The Dish
Recipe
25 Feb 2022

Cerita tentang Ayam Pepes Bumbu Opor

Cerita di balik sebuah resep keluarga.

Text
Izzuddin Jundi Robbani
Photo
Izzuddin Jundi Robbani
Topics
Ayam Bumbu Opor
Chicken Chronicles
Recipe
Share Article

Mengukus bahan dalam balutan daun pisang atau biasa disebut mepes adalah kegiatan memasak yang paling ringkas dan mudah. Mungkin sekarang biasa disebut dengan meal-prep, tetapi dahulu saat nenek masih sibuk bergelut di dapur, mepes adalah kegiatan yang menyenangkan karena hampir semua bahan boga bisa diproses dengan cara ini. Selain mudah, mepes bagi kami yang sering membantu nenek adalah kegiatan yang menyenangkan selain itu menjadi alasan kami berburu pepes ke rumah nenek yang menyediakan lauk pepes untuk makan siang. Baik pepes sayuran seperti jamur, atau pepes lauk seperti ayam. Lauk yang paling memorable untuk saya adalah pepes ayam dengan bumbu opor, seperti leburan gaya memasak serta bumbu yang ledek, dimasak dalam pelukan uap dan kedapnya daun pisang. Membuka pepes jadi begitu bergairah. 

Sebenarnya untuk resep yang memulainya adalah nenek saya. Saat ini beliau masih sehat namun tinggal cukup jauh dari saya di Kota Tasikmalaya, sedangkan saya di Kota Bogor. Kebiasaan makan pepes muncul karena bagi kami keluarga Sunda, memasak lauk pauk dengan berbagai cara adalah hal yang biasa. Tak heran jika di meja makan selalu ada ayam goreng, ayam bakar, dan pepes. Serta sayuran segar mentah untuk lalapan, sayuran bakar semisal terong, dan sayuran kukus seperti labu siam atau wortel. 

Ketertarikan semua cucunya saat membuat pepes, justru muncul saat Nenek sedang menyiapkan lauk untuk pepes. Bagi keluarga kami, pepes selalu menjadi cara terbaik untuk melihat bagaimana Nenek memperlakukan makanan. Khusus untuk ikan dan ayam, nenek selalu menyikat bibir ikan dengan sikat gigi, agar tetap bersih dan terlihat bagus. Bahkan ketika dia mengoleskan bumbu di piring, Nenek sering berkata, “Semoga enak supaya nanti cucu bisa nambah nasi.” Bahkan ketika mulai mengemas masakan dengan daun pisang, Nenek selalu melipatnya dengan hati-hati, agar daun pisang tidak sobek lalu ditusuk dengan potongan lidi yang sama panjang. Kami sekeluarga, terutama saya melihat bagaimana cara nenek saya memasak pepes seperti sedang berkarya pada media makanan.

Resep Ayam Pepes Bumbu Opor

Bahan baku utama:

1 ekor ayam karkas, dipotong menjadi 8 bagian 
2 butir telur

Bahan bumbu halus:

5 buah bawang putih 
7 buah bawang merah 
5 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit jablay
1 buah tomat merah besar
7 butir kemiri
1 buah laos
1 ruas jahe
1 sdt bubuk kunyit
1 sdt bubuk ketumbar

Bahan pelengkap:

2 batang sereh
5 lembar daun salam
2 batang daun bawang 
Daun kemangi secukupnya
100ml santan siap pakai
Garam dan bumbu penyedap secukupnya

Cara memasak: 

  • Haluskan semua bumbu, diutamakan diulek supaya lebih aromatik (berdasarkan pengalaman memasak pribadi hehe)
  • Tumis semua bumbu halus bersama sereh, daun salam, dan bumbu penyedap hingga harum. Kemudian masukan ayam yang sudah dipotong kemudian tambahkan air secukupnya. Masak air hingga mengesat lalu masukan santan kemudian masak kembali hingga ayam matang dan air menyusut
  • Sambil diaduk, masukan potongan daun bawang dan daun kemangi kemudian dinginkan. Setelah itu masukan kocokan telur dan aduk hingga merata
  • Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dibakar
  • Masukan ayam tersebut kedalam daun pisang, kemudian kukus hingga matang
  • Angkat dan sajikan selagi hangat bersama nasi putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *