Asam Garam
Collaboration
13 Apr 2022

Mengenal Jakarta lewat Kolaborasi Lazy Susan dan Nasi Peda Pelangi

Mengenal kembali cita rasa Jakarta

Text
Ghina Hana Sabrina
Photo
Alyandra Katya
Topics
#CuanLestari
Beras Baik Movement
Collaboration
Jakarta
Nasi Oseng Pelangi Susan
Nasi Peda Pelangi
Share Article

Kata ibu harus selalu jaga gizi
Dimulai dari makan zucchini
Inget gak, #FriendsOfSuzy
Kalau Jakarta gak selalu begini

Ada banyak cara untuk mengenal kota yang kita tinggali. Lewat tata ruang kota, komunitas-komunitas yang tumbuh di dalamnya, hingga makanan dan cerita di baliknya. Dalam kolaborasi kali ini, Lazy Susan bekerja sama dengan Nasi Peda Pelangi untuk mengangkat kisah-kisah terbaik dari kampung halaman kami, Jakarta.  

Lewat kolaborasi ini pun kami berkenalan dengan Nadya Dharmawan, salah satu owner Nasi Peda Pelangi (NPP). Ia bercerita kalau di awal usahanya, NPP bermula dari sistem pre-order khusus teman-teman yang merindukan masakan ibunya, nasi hangat dengan ikan asin peda, selagi meminang anak pertamanya sambil bekerja di dua tempat dan menjalankan studi S2 di Prasetya Mulia. 

Dari obrolan sederhana, kami sangat terinspirasi dengan gerakan Beras Baik yang dipiawai oleh mereka. Dari kesadaran atas budaya kita yang mengutamakan nasi sebagai pangan utama, tumbuh gagasan untuk membuat gerakan yang menyebarluaskan ‘beras baik’. Beras baik sendiri adalah beras yang tidak menggunakan bahan kimia pada proses penanamannya, sehingga ekosistem di mana beras itu tumbuh akan hidup, dan pada akhirnya menghasilkan beras yang baik untuk dikonsumsi.

Kemudian kami berpikir untuk mengangkat salah satu buah lokal yang juga jarang ditemukan dalam makanan sehari-hari, yaitu buah menteng. Selain dari namanya yang menjadi nama salah satu daerah bersejarah di Jakarta Pusat, buah menteng – atau kepundung – juga penuh dengan khasiat, yaitu sumber antioksidan dan dapat menjaga kesehatan tulang dan sel darah.

Hal-hal inilah yang akan diangkat lewat kolaborasi antara Lazy Susan dan Nasi Peda Pelangi. Pada kesempatan kali ini, mereka akan menghadirkan menu terbaru Nasi Oseng Pelangi Susan – nasi baik dengan oseng ayam yang terinspirasi dari cita rasa Betawi lengkap dengan telur ceplok dan sambal merah istimewa buah menteng. 

Untuk menandakan awal peluncuran kolaborasi ini, akan digelar acara launching sekaligus buka puasa bersama di Nasi Peda Pelangi SCBD yang turut menghadirkan kegiatan seru seperti lomba pantun dan open-mic yang juga diiringi oleh Ibee Music. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *