Behind The Dish
Recipe
31 Jul 2022

Salad Hutan

Sepiring hutan Bumi Bagja

Text
Lab Pangan
Photo
Lab Pangan
Topics
Bumi Bagja
Salad Hutan
Sukabumi
Share Article

Akhir Maret lalu kami melakukan perjalanan ke Sukabumi dengan dukungan dari Cemeti – Institut untuk Seni dan Masyarakat, Yogyakarta serta Prince Clause Fund for Culture and Development atas undangan dari Ryan “Popo” Riyadi dari Warpopski yang kemudian mengenalkan kami kepada Isep Kurnia, pemilik serta penggiat food forest, bernama Bumi Bagja yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi. Perjalanan ini pun kemudian juga menjadi salah satu bagian dari program berkelanjutan Rimpang Nusantara yang telah berlangsung sejak 2018.

Dalam perjalanannya, kami menemukan banyak sekali dedaunan yang sebelumnya belum pernah kami temui, icip maupun olah. Salah tiga diantaranya merupakan nama dari jalan yang ada di Bandung seperti hampelas, rendeu dan beunying. Sebagai salah satu upaya dalam meresponnya kami mengumpulkan daun, bunga serta beberapa jenis buah dan berry yang dapat dikonsumsi untuk kemudian diolah dan dijadikan salad hutan serta tentu saja dengan saus yang kami olah dari bahan yang tersedia di Bumi Bagja.

Beberapa jenis bahan yang digunakan di salad ini antara lain seperti daun antanan, lokat mala, arben hutan, ganggang air, bijanggut, mint liar, bunga begonia dan harendong. Bahan-bahan tersebut kemudian dikomposisikan untuk kemudian setelahnya disiram saus salad dressing. Untuk saus, kami membuat 3 jenis saus berbeda yaitu saus cuka aren Cikaramat, saus minyak bawang putih asap dan saus bawang putih asap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.